[REVIEW] Elshéskin – Radiant Skin Serum

Selamat tahun baruuuuu~~~~~ Jujur gue ngerasa cepet banget 2020 berlalu, kaya baru kemaren Januari 2020 tiba-tiba sekarang udah Januari 2021. Shocking. Well, udah rahasia umum kayanya kalo 2020 adalah tahun tersulit buat banyak orang. But here we are, still standing tall! Semoga kita semakin dikuatkan ya ditahun ini, selalu sehat dan selalu bahagia.

Okay, enough with the basa-basi. Jadi, gue semenjak dirumah terus kan rajin baking ya (kebetulan gue jualan cookies, jadi tiap hari didepan oven) sejak itu dan dikombinasikan dengan kemana-mana harus maskeran, kulit gue jadi gampang bgt jerawatan. Which comes with the acne scars afterwards. Berhubung serum drunk elephant gue abis, jadi gue iseng pengen cari another cheaper option buat ngilangin bekas jerawat di muka gue. Dan akhirnya gue memutuskan untuk beli serum ini.

Yuppp Elshéskin Radiant Skin Serum. Serum ini tuh dirave banyak orang, mungkin cewe-cewe se-Indonesia semuanya ngerave serum ini. Katanya sebagus itu, makanya akhirnya gue iseng deh cobain karena setelah diliat-liat ingredientsnya oke juga untuk ukuran skincare lokal.

Nah main ingredients dari serum ini adalah alpha arbutin dan citric acid, keduanya adalah chemical exfoliator (classified as AHA) yang udah sering banget dipakai di skincare yang kegunaan utamanya adalah untuk mencerahkan dan memudarkan pigmentasi di kulit kita. Selain itu, serum ini juga mengandung Niacinamide dan Hyaluronic Acid, which makes this serum pretty hydrating. Ohiya, this serum is fragrance free, jadi wanginya chemicaly banget.

Nah ada satu hal yang perlu dijadiin catatan buat kalian yang pengen coba serum ini, serum ini mengandung propylene glycol. Berdasarkan penelitian, sebenernya propylene glycol ini aman untuk kulit kita, karena pada dasarnya dia ini adalah humectant dan fungsinya untuk melembabkan kulit kita. Tapiii, untuk beberapa orang ingredients ini mungkin bakal menyebabkan iritasi (read more in here) and I am one of them.

Jadi, ini bukan pertama kalinya gue pake produk yang mengandung AHA atau chemical exfoliator lainnya. Tapi, pas pertama kali gue pake serum ini, kulit gue kerasa perih-perih gitu (gak lama sih, beberapa detik kemudian langsung ilang) dan sampai pemakaian ke-tiga kali masih kaya gitu. Awalnya gue pikir karena kandungan AHAnya terlalu tinggi, tapi pas gue selingin serum ini pakai AHA toner gue yang lain, I feel totally fine. Nah itu yang membuat gue menyimpulkan bahwa yang bikin iritasi adalah propylene glycol di serum ini. Jujur, di gue ngga parah banget iritasinya, cuma sempet perih dan merah-merah aja dipemakaian pertama (tapi langsung ilang thanks to cicapair serum).

Setelah gue rehatin dulu kulit gue dari serum ini, akhirnya gue mutusin untuk coba lagi pake (karena sayang aja udah dibeli wkwk), tapi gue cuma aplikasiin di dark spot aja dan tiap gue pake selalu gue ikutin dengan pake cicapair line-nya Dr. Jart+ karena biar kulit gue langsung calm lagi. Setelah semingguan pake, udah ngga kerasa lagi sih perih-perihnya, mungkin akhirnya kulit gue berdamai dengan ingredients serumnya. Akhirnya gue lanjut pake ini selama sebulan lebih, dan jujur gue cukup impressed sama hasilnya. Tadinya gue banyak banget acne scars di dahi dan pipi, setelah pake ini lumayan mulai fading (significantly) dan gue pun ngerasa muka gue jadi lebih cerah ngga kusam lagi.

Tapi, buat gue terlepas dari efektifitasnya buat ngilangin dark spot, gue ngga akan repurchase serum ini karena ada ingredientsnya yang irritating buat kulit gue. Tapi, it’s worth to try sih, terutama dengan harga yang cukup affordable juga. Saran dari gue, kalau mau coba ini coba test patch dulu, sebelum diaplikasiin ke muka.

I hope this help! and I hope you guys enjoy my review~

See you in the next post!

xoxo,

S

Published by Salsa Wigati

A humanitarian worker at heart, an amateur baker. I drink coffee too much and probably own too many skincare products.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

<span>%d</span> bloggers like this: